Pelayanan
merupakan suatu kegiatan yang diberikan seseorang atau suatu perusahaan untuk
melayani kebutuhan orang lain. Dengan kata lain, pelayanan merupakan
serangkaian kegiatan maupun proses pemenuhan kebutuhan orang lain secara lebih
memuaskan berapa produk jasa. Membicarakan soal pelayanan maka tidak jauh
hubungannya dengan perusahaan jasa.
Setiap
perusahaan jasa memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu mempertahankan produk
jasa yang dikelolanya, menciptakan inovasi baru, dapat menarik konsumen, dan tentunya
dapat memperoleh laba yang besar. Laba yang besar dapat diperoleh jika
perusahaan dapat mengelola bisnis yang mereka jalankan dengan baik. Semua pihak
ikut andil dalam memajukan sebuah perusahaan itu sendiri. Salah satunya dengan
membiasakan adanya pelayanan terbaik disetiap penjualan jasa yang ditawarkan
oleh perusahaan tersebut. Pelayanan dapat dijadikan salah satu tolak ukur
pembelian suatu produk jasa oleh konsumen. Dengan adanya pelayanan yang baik
maka calon konsumen merasa dihargai, dengan demikian tidak menutup
kemungkinanan calon konsumen memutuskan untuk membeli produk jasa yang
ditawarkan dan akan menjadi konsumen tetap.
Pada
kenyataannya tidak sedikit perusahaan yang meremehkan sistem pelayanan dalam perusahaannya.
Terkadang pelayanan yang diberikan tidak memuaskan konsumen, sehingga konsumen
beralih ke kompetitor lain. Kejadian demikian sangat merugikan perusahaan yang
bersangkutan, karena kehilangan satu konsumen dapat mengurangi beberapa persen
pemasukan perusahaan. Dengan adanya kejadian ini, perusahaan harus mengevaluasi
kinerja para karyawan agar konsumen tidak beralih. Karena konsumen sangat
penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Semakin sedikitnya konsumen,
maka akan sedikit pula pemasukan yang didapat. Bukan kerugian saja yang
didapatkan, namun kebangkrutanpun dapat terjadi. Sehingga, tidak ada salahnya
jika manager perusahaan memberikan motivasi kepada karyawannya, misalnya
memberikan bonus jika karyawan yang dipimpinnya dapat meraih omset yang besar.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan sangat penting dan menjadi tolak
ukur kesuksesan sebuah perusahaan. Semakin bagus pelayanan, maka konsumen akan
memiliki pemikiran yang positif terhadap
produk jasa tersebut. Dengan adanya konsumen, maka akan adanya pemasukan. Oleh
karena itu, konsumen sangat berandil besar atas kelangsungan hidup perusahaan
yang bersangkutan. Dengan tidak adanya konsumen, maka perusahaan akan mati dan bangkrut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar