Artikel :
Pengaruh Layanan Pada
Penjualan
Layanan atau
service merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan. Bahkan saking
pentingnya, tidak sedikit perusahaan yang memberikan training kepada para
karyawan bagian front liner mereka secara berkala untuk meningkatkan layanan
kepada konsumen. Kita semua telah menyadari bahwa pengaruh layanan pada
penjualan sangat luar biasa. Bahkan persaingan dengan competitor dalam hal
harga bisa dimenangkan dengan layanan konsumen yang lebih memuaskan. Apalagi di
era sekarang dimana konsumen telah berubah menjadi konsumen yang cerdas dan
kritis. Faktor layanan menjadi hal yang sangat diutamakan.
Pengaruh
layanan pada penjualan bisa dilihat dari besarnya tingkat penjualan. Bila
pelayanan oke, maka secara otomatis nilai penjualan juga oke. Perusahaan yang
memperhatikan layanan kepada pelanggannya dan tidak hanya berorientasi pada
target pasti akan lebih banyak memiliki pelanggan. Sehingga tanpa disadari
target penjualan akan terpenuhi tanpa harus melupakan pemberian layanan yang
oke kepada para pelanggan. Dengan memandang pelanggan sebagai manusia yang
memang harus dilayani, maka layanan yang kita berikan tidak hanya menyangkut
nama perusahaan dan terkait dengan penjualan ataupun pembelian, namun secara
tidak langsung kita telah memberikan sebuah kenyamanan kepada para pelanggan
kita tersebut.
Pada
dasarnya setiap pelanggan, baik itu dari kalangan ekonomi bawah sekalipun
cenderung ingin dilayani. Dan layanan yang kita berikan akan menyenangkan untuk
dilakukan bila kita melakukannya dengan jujur dan tulus. Ingat, tanpa
pelanggan, kita bukan apa - apa. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, usaha
kita pasti bisa berjalan dengan lancar. Karena tanpa adanya pelanggan yang
loyal, aktivitas usaha kita juga harus fokus mendapatkan pelanggan selain harus
tetap fokus terhadap target penjualan.
Pengaruh
layanan pada pejualan memang tidak bisa dipungkiri lagi. Tingginya kualitas
layanan menunjukkan tingginya dedikasi sebuah perusahaan kepada masyarakat.
Oleh karena itu, mengutamakan layanan merupakan sebuah keharusan bagi
perusahaan yang ingin tetap eksis dalam persaingan bisnis yang semakin ketat
saat ini. Besar, terkenal, dan murah saja tidak cukup untuk bisa 'mengikat'
pelanggan tetap loyal terhadapa perusahaan kita. Namun bila ditambah dengan
faktor layanan yang bagus maka tidak ada alasan lagi bagi para pelanggan untuk
meninggalkan kita dan beralih ke kompetitor kita.
Kerangka
Tema : Kualitas Pelayanan
Tujuan : Mengetahui bagaimana cara meningkatkan
kualitas pelayanan di perusahaan guna
mempengaruhi tingkat penjualan
Judul :
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Penjualan
1. Pengertian
1.1
Pengertian Pelayanan
1.2
Pengertian Kualitas Pelayanan
1.3
Pengertian Penjualan
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas
pelayanan
2.1
lima dimensi kualitas pelayanan :
a.
tampilan fisik (tangible)
b.
tingkat reliabilitas (reliability)
c.
daya tanggap (responsiveness)
d.
empati (empathy)
e. assurance (jaminan)
3. Manfaat dari peningkatan kualitas pelayanan
tehadap tingkat penjualan
3.1 Peningkatan pelayanan dan pengaruhnya
terhadap loyalitas konsumen
3.4 Peningkatan pelayanan sebagai modal utama
dalam persaingan antar perusahaan
4. Mempertahankan kualitas pelayanan perusahaan
4.1 Pelatihan kinerja karyawan di setiap divisi
secara berkelanjutan (sustainable)
4.2 Penetapan standardisasi kualitas pelayanan
perusahaan
Sumber :
http://www.carapedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar